Kamis, 03 Februari 2011

PERMASALAHAN PENELITIAN 3

Perumusan permasalahan di metode kualitatif pada dasarnya sama dengan metode-metode yang lain hanya saja tujuan akhirnya berbeda. Permasalahan di metode ini bertujuan untuk mencari kondisi psikologis subjek sehingga dapat diperoleh gambaran kasar dinamika psikologis subjek. Prinsip 5w 1h masih digunakan dalam metode ini.

contoh: peristiwa:  teman saya sangat senang bercermin

  • what: apa peristiwanya? teman saya bercermin selama berjam-jam, seperti ia ingin memastikan parasnya selalu terlihat cantik
  • where: dimana peristiwanya?  teman saya bercermin dimanapun dia melihat cermin seperti di kamar, toilet umum, kamar teman.
  • when: kapan peristiwa terjadi? teman saya bercermin setiap saat, bahkan kaca kecil selalu ada di tasnya.
  • who: siapa yang terlibat dalam peristiwa itu? teman saya seorang perempuan berusia 20 tahunan berambut panjang dan sangat suka merapikan rambut, parasnya cantik, masih menjomblo.
  • why: kenapa peristiwa dapat terjadi? teman saya senang bercermin dengan alasan ingin selalu terlihat cantik dan sempurna, dengan harapan bisa dapat pacar ganteng.
  • how: bagaimana peristiwa dapat terjadi?  saat pacaran dulu, pacar teman saya selingkuh dengan perempuan yang menurut teman saya lebih cantik dari dia. Berdasarkan keterangan teman saya, dia ingin selalu terlihat cantik jadi pacarnya tidak akan melirik gadis lain.
Inti permasalahan: teman saya ingin selalu ingin terlihat cantik di depan orang lain
Judul penelitian: Makna cantik pada remaja akhir yang pernah diselingkuhi oleh pasangannya
Urgensi penelitian: bagaimana pengalaman traumatis dapat merubah kebiasaan seseorang secara drastis.

Dalam  menentukan jumlah subjek untuk survey, tidak ada batasan minimal atau maksimal, namun semakin banyak semakin bagus. Apabila dapat dibuktikan bahwa permasalahan tersebut dialami beberapa orang berarti semakin penting permasalahan itu untuk diteliti.
Mudahkan membuat permasalahan. Ingat selalu prinsip 5w 1h. 
SEMOGA BERHASIL 

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar

      Total Tayangan Halaman