Jumat, 04 Februari 2011

LATAR BELAKANG PENELITIAN 1

Setelah mendapat permasalahan dan judul penelitian, sekarang saatnya membuat latar belakang penelitian. Saya sering mendengar membuat latar belakang sangat sulit, bahkan sering kali dibuat terakhir setelah isi makalah selesai. Padahal sebenarnya mudah, seperti membuat permasalahan, membuat latar belakangpun butuh pola dan memang ada polanya. Berdasarkan diskusi saya dengan dosen-dosen pembimbing, saya memperoleh pola itu. Setiap metode penelitian (kuantitatif, kualitataif, dan eksperimen) memiliki pola yang berbeda;

METODE KUANTITATIF 
Judul  penelitian: Hubungan antara persepsi diri ideal (Varibel X) dengan intensitas bercermin (Variabel Y) pada remaja putri. Atau intensitas bercermin pada remaja putri (Variabel Y) ditinjau dari persepsi diri ideal (Variabel X).
Latar belakang dimulai dari variabel Y ke variabel X. Dalam membuat latar belakang dibutukan variabel lain sebagai penghubung variabel Y ke variabel X. Kenapa variabel ini perlu?  karena dalam penelitian tidak diperbolehkan hubungan langsung. Apabila hubungan langsung, tanpa ditelitipun sudah terlihat hubungannya sehingga penelitian yang dilakukan sia-sia. Terdapat tiga variabel yang dapat menjadi penghubung:
  1. Variabel moderator : Variabel yang mempengaruhi (memperkuat atau memperlemah) hubungan antara variabel independen dengan dependen. Variabel ini juga dapat mengudah nilai hubungan dari positif ke negatif atau sebaliknya. Variabel ini sering disebut sebagai variabel dependen kedua.
  2. variabel intervening : variabel yang mempengaruhi hubungan langsung antara variabel bebas dan tergantung sehingga terjadi huibungan yang tidak langsung. Artinya: variabel ini secara teoritis mempengaruhi (memerkuat dan memperlemah) hubungan antara variabel bebas dan tergantung, tetapi tidak dapat diamati dan diukut. Variabel ini diambil dair faktor variabel tergantung dan masih dapat dihubungkan dengan variabel bebas.
Setelah menentukan akan memakai variabel moderator atau intervening, selanjutnya dapat membuat latar belakang:

  1. Paparkan tentang siapa subjek anda. Misal, subjeknya remaja perempuan yang terobsesi dengan kecantikan. Paparkan tentang kecantikan dan mengapa kecantikan itu penting buat perempuan. Jangan lupa masukkan teori dan jurnal terbaru (batasi maksimal 5 tahun terkahir). Boleh juga memasukkan tugas-tugas perkembangan remaja putri dan dihubungkan dengan kecantikan.
  2. Jabarkan tentang variabel tergantung (intensitas bercermin). Perkuat dengan jurnal tentang bercermin. Tambahkan hasil survey yang menyatakan bahwa permasalahan anda memang nyata, perkuat dengan jurnal. Masukkan tentang faktor-faktor intensitas bercermin.
  3. Jabarkan tentang variabel moderator/intervening. Tambahkan jurnal atau teori yang dapat menghubungkan variabel ini ke variabel tergantung. Kemudian variabel ini ke variabel bebas.
  4. Jelaskan tentang variabel bebas (persepsi diri ideal). Gunakan teori-teori yang dapat membantu penjabaran variabel. Tambahkan hasil survey yang menyatakan bahwa permasalahan anda memang nyata, perkuat dengan jurnal. Tambahkan juga jurnal-jurnal tentang efek variabel ini pada psikologis remaja.
  5. Simpulkan permasalahan anda dan kenapa permasalahan tersebut perlu untuk diteliti
 INGAT: gunakan kalimat-kalimat baku sesuai dengan EYD.
SELAMAT MENCOBA!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman