Selasa, 01 Februari 2011

PERBEDAAN PELATIHAN DAN PERLAKUAN

Pola permasalahan eksperimen berbeda dengan permasalahan kuantitatif. Ini dikarenakan dasar asumsi dari kedua metode tersebut berbeda.

Metode Kuantitatif: mencari hubungan antara dua hal dan mencari sumbangan efektif.
Metode Eksperimen: mencari tentang pengaruh varibel x ke variabel y.
Metode Kualitatif: memahami kondisi psikologis subjek.

Karena itu, ketiga metode ini memiliki pola permasalahan yang berbeda. Untuk metode kuantitatif, sudah saya jelaskan pada tulisan sebelumnya. Sekarang akan saya jelaskan tentang metode eksperimen. Satu hal yang perlu diingat: PELATIHAN BERBEDA DENGAN EKSPERIMEN. Banyak sekali orang yang salah kaprah dan mecampuradukkan konsep pelatihan dan eksperimen. Sebelum masuk ke pembahasan permasalahan, saya perlu menjelaskan terlebih dahulu perbedaan keduanya.

PELATIHAN
Tujuan dari pelatihan adalah merubah kemampuan/emosi/kognitif/perilaku orang dari yang kurang bisa menjadi bisa. Agar perubahan itu maksimal, dibutuhkan perubahan di tiga hal yaitu kognitif, afektif, dan konasi. Dalam pelatihan ketiga hal tersebut harus ada.

contoh: Pelatihan berpikir positif.
  • Tujuannya: merubah pola pikir orang dari negatif ke positif (kognitif)
  • Ada materi tentang pola pikir (kognitif)
  • Selama pelatihan, diberi ice breaking (konasi, bisa afektif)
  • Orang diminta mengevaluasi diri (kognitif dan afektif)
EKSPERIMEN
Tujuan dari eksperimen adalah menguji adanya pengaruh satu atau beberapa perlakuan (untuk S1, disarankan 1 perlakuan) satu variabel dengan variabel lain. Hasilnya akhirnya ditemukan hubungan sebab akibat, di mana satu varibel menjadi sebab dan variabel lain sebagai akibat. Dalam eksperimen hanya perlu satu aspek saja, kognitif/afektif/konasi.

 contoh: pemberian perlakuan afirmasi diri pada berpikir positif
  • tujuannya: melihat efek afirmasi pada pola pikir subjek. Nantinya akan ditemukan hubungan sebab akibat antara afirmasi diri pada pola pikir subjek.
  • selama penelitian, subjek hanya diberikan afirmasi diri, tanpa materi dan ice breaking.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman