Kamis, 10 Februari 2011

LATAR BELAKANG PENELITIAN 3

Seperti metode kuantitatif dan eksperimen, metode kualitatif pun punya corak dan pola yang khas. Latar belakang di metode ini menggambarkan kondisi dan dinamika psikologis subjek yang akan diteliti nantinya, dengan tujuan agar pembaca mengetahui bahwa psikologis subjek memang patut untuk diteliti.

Misalkan tentang kecanduan pada FB. Berdasarkan hasil survey ditemukan bahwa alasan-alasan yang diungkapkan subjek adalah kesepian yang dirasakan subjek sehingga butuh adanya teman untuk berbagi rasa. Meskipun begitu, muncul konflik dalam diri subjek, disatu sisi subjek sangat ingin berbagi rasa dengan teman atau orangtua namun disisi lain muncul kekhawatiran dan kecemasan pada tanggapan orang-orang terdekat. Cara yang aman secara psikologis untuk mengungkapkan rasa adalah lewat FB, kalau pun ada yang menanggapi itu hanya teman dunia maya.
Permasalahan ini menarik karena sekarang ini pengguna jejaring sosial sudah sangat banyak dan semakin banyak remaja yang menghabiskan waktu untuk mengupdate status. Tegur sapa antar teman saat bertemu dijalanpun bisa terlewatkan.

Contoh judul: FB adalah Sahabatku (Penelitian Fenomonologis pada Remaja yang Kecanduan FB)
Pola latar belakang yang dapat digunakan sebagai berikut:
  1. Paparkan tentang jejaring sosial network, fakta-fakta tentang FB dan teman-temannya, pengguna terbanyak usia berapa. Masukkan referensi yang berkaitan seperti dari koran, buku, atau jurnal. 
  2. Jelaskan remaja, mulai dari batasan usia hingga tugas perkembangan. Gunakan teori-teori dan jurnal yang berkaitan.
  3. Jelaskan tentang permasalahan yang dialami subjek secara sosial dan personal, kemudian kaitkan dengan FB. Gunakan teori-teori dan jurnal yang berkaitan. 
  4. Perjelas lagi permasalahan tersebut dengan hasil survey yang diperkuat dengan jurnal.   
  5. Dampak negatif atau positif apa saja yang dapat dialami subjek apabila permasalahan tetap terjadi. Gunakan teori-teori dan jurnal yang berkaitan.
  6.  Simpulkan permasalahan Anda dengan membuat pertanyaan penelitian.
INGAT: sebelum melakukan penelitian kualitatif pastikan terlebih dahulu subjek yang akan Anda teliti itu ada dengan minimal 3 orang, tujuannya untuk mengantisipasi apabila subjek hengkang dari penelitian sebelum waktunya. Pastikan juga subjek Anda memiliki alamat rumah dan nomor telpon yang jelas agar mudah dihubungi. Mulailah melakukan building repport sedini mungkin, karena semakin erat hubungan peneliti-subjek semakin banyak informasi yang dapat digali.

SELAMAT MENCOBA!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman